Iklan Politik Partai Menuju Pemilu 2009 (PEMBOROSAN)


Iklan politik partai-partai peserta pemilu 2009 sudah banyak beredar hampir diseluruh media massa di Indonesia, promosi besar-besaran dari partai dengan mendengung-dengungkan janji-janji manis mereka untuk mensejahterakan rakyat begitu terasa sangat kontradiktif dengan situasi yang sedang terjadi di Indonesia. Satu partai menawarkan kinerja parpol yang jujur dan bersih, parpol yang lain menawarkan pemberantasan korupsi, kesejahteraan rakyat, nasionalisme yang tinggi, lapangan pekerjaan yang layak, semua itu diiklankan melalui media massa cetak maupun televisi dan radio.

1. Partai Kesejahteraan Rakyat (PKS)

Mengiklankan tokoh-tokoh pahlawan nasional mulai dari KH. Ahmad Dahlan sampai dengan wacana memberi gelar pahlawan kepada mantan presidan Suharto yang banyak menuai banyak kritik keras dan pedas.

2. Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)

Mengiklankan ketokohan seorang Prabowo Subianto dengan visi dan misinya mensejahterakan rakyat Indonesia, kehidupan yang dekat dengan para petani dan memperjuangkan produk-produk dalam negeri sangat terkesan terkesan menghambur-hamburkan uang demi sebuah promosi yang sebenarnya sangat tidak relevan dengan keadaan mayarakat yang terpuruk ditengah kemiskinan.

3. Partai Demokrat

Mengiklankan penurunan angka kemiskinan di Indonesia dan pertumbuhan sebesar 6% disektor ekonomi, dan menuai banyak kritik pedas karena tidak sesuai dengan yang terjadi dilapangan. Penyerapan tenaga kerja masih sangat minim sekali, pengangguran meningkat tajam dan kenaikan harga BBM yang hampir-hampir membuat seluruh sektor Usaha Kecil Menangah (UKM) gulung tikar besar-besaran.

4. Partai Amanat Nasional (PAN)

Mengiklankan sosok Sutrisno Bachir yang menggembar-gemborkan idealisme dan rasa Nasionalisme untuk membangun kesejahteraan bersama ditengah-tengah terpuruknya ekonomi masyarakat Indonesia

5. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan)

Mengiklankan kegagalan pemerintah dalam menanggulangi tingginya harga sembako yang diluar jangkauan masyarakat di media televise dan koran-koran Ibu kota

Masih banyak lagi iklan-iklan manis dari partai-partai politik tersebut yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu dan tidak terpantau oleh publik / masyarakat umum.

Pesta memang identik dengan kemewahan, kelebihan dan kekayaan, tapi persoalan disini adalah dimana ketika kita menggelar suatu hajat besar atau pesta apakah kita juga sudah melihat ke kiri dan ke kanan bahwa masih banyak orang disekita kita yang masih sangat membutuhkan pertolongan untuk bisa bertahan hidup ?

Mungkin banyak dari Rakyat Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan bertanya-tanya apakah yang sebenarnya terjadi terhadap diri mereka ? Apakah ini adalah suatu kutukan dari garis tangan kehidupan yang harus dilalui sampai pada akhir hayat hidup ini, ataukah ini adalah beban hidup yang harus dilalui dengan menanggung beban dosa hidup para pendahulunya yang dengan seenaknya telah menggadaikan segala kekayaan dan kelimpahan bangsa ini ?

Biaya pendidikan yang mahal, biaya perobatan dan tunjuangan kesehatan yang tidak terjangkau oleh masyarakat, BBM yang melambung tinggi, masyarakat pedesaan yang makan nasi aking, korban lumpur lapindo yang hingga saat ini terkatung-katung mengadukan nasib mereka karena tidak ada pihak yang mau bertanggung jawab atas musibah yang menimpa mereka.

Bayangkan berapa besar dana yang harus dikeluarkan oleh partai-partai politik peserta pemilu 2009 yang banyak sekali mengeluarkan biaya. Sementara rakyat kita menderita kekurangan dan biaya iklan politik tersebut mungkin sudah bisa sangat mengurangi beban hidup mereka pada saat ini. Iklan-iklan politik yang tidak bermanfaat dan hanya untuk kepentingan sesaat saja bagi para pihak yang gila hormat dan jabatan bahkan terkesan menghambur-hamburkan uang.

INGATLAH….!!!!

Rakyat Indonesia perlu hidup, perlu pendidikan dan tunjangan kesehatan, Rakyat Indonesia tidak butuh janji-janji manis..

Semoga Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan ini…!!!!!!!!

7 Balasan ke Iklan Politik Partai Menuju Pemilu 2009 (PEMBOROSAN)

  1. Tulus Muara mengatakan:

    Shalom,

    Selamat datang Dian
    terima kasih atas kunjungan anda
    di Blog GAMKI.

    Saya tidak punya arsip secara detail
    berapa anggaran yang dihabiskan
    masing-masing partai untuk ajang kampanye
    pada pemilu ini.

    Sebagai saran untuk anda
    mungkin bisa meminta data tersebut ke
    kantor KPU.

    Terima kasih atas pertanyaan
    yang anda berikan. Semoga jawaban kami bisa membantu dalam menyelesaikan Thesis anda.

    ORA ET LABORA,

    God Bless…

  2. dian mengatakan:

    saya mahasiswi yang meneliti political marketing untuk thesis saya.. saya sangat berterima kasih untuk artikel dengan judul iklan politik partai menuju pemilu. oya, anda memiliki data tentang dana/budget yang dikeluarkan masing-masing partai untuk pemilu ?

  3. dir88gun mengatakan:

    Assalamu alaikum wr. wb.

    Saudaraku tersayang,
    lihat kenyataan yang ada di sekitar kita!

    Uang Dihamburkan…
    Rakyat dilenakan…
    Pesta DEMOKRASI menguras trilyunan rupiah.
    Rakyat diminta menyukseskannya.
    Tapi rakyat gigit jari setelahnya.
    DEMOKRASI untuk SIAPA?

    Ayo temukan jawabannya dengan mengikuti!

    Halqah Islam & Peradaban
    –mewujudkan rahmat untuk semua–
    “Masihkah Berharap pada Demokrasi?”
    Tinjauan kritis terhadap Demokratisasi di Dunia Islam

    Dengan Pembicara:
    Muhammad Rahmat Kurnia (DPP HTI)
    KH. Ahmad Fadholi (DPD HTI Soloraya)

    yang insyaAllah akan diadakan pada:
    Kamis, 26 Maret 2009
    08.00 – 12.00 WIB
    Gedung Al Irsyad

    CP: Humas HTI Soloraya
    HM. Sholahudin SE, M.Si.
    081802502555

    Ikuti juga perkembangan berita aktual lainnya di
    hizbut-tahrir.or.id

    Semoga Ia senantiasa memberikan petunjuk dan kasih sayangnya kepada kita semua.
    Ok, ma kasih atas perhatian dan kerja samanya. (^_^)
    Mohon maaf jika ada ucapan yang kurang berkenan. (-_-)

    Wassalamu alaikum wr. wb.

  4. Tulus Muara mengatakan:

    Shalom,

    Terima kasih atas kunjngan Bapak Pdt. Eko P.W, AMK.
    Suatu kehormatan bagi kami boleh berdiskusi dengan Bapak mengenai keadaan situasi politik di Indonesia yang semakin jauh dari harapan dan cita-cita perjuangan Reformasi yang sudah berusia 10 tahun ini.

    Memang sudah sepantasnya bangsa ni bangkit dan dipimpin oleh orang MUDA, namun bukan hanya sekedar “MUDA” tapi juga harus disertai skill dan kemampuan yang bisa dihandalkan dibidangnya.
    Kami juga sangat percaya bahwa banyak generasi muda bangsa yang sangat terbeban dalam mengubah keadaaan bangsa ini, namun persoalannya adalah sempitnya kesempatan peluang untuk maju sebagai pemimpin tersebut yang akhirnya membuat para tokoh-tokoh muda juga mengalami benturan dan hambatan yang justru membunuh karir mereka.

    Besar harapan kami pemilu 2009 ini akan mengalami perubahan nuansa politik yang signifikan bagi bangsa dan rakyat Indonesia.

    Doa kami juga semoga Bapak Pdt. Eko P.W, AMK CALEG DPRD Tk. II Kota Yogyakarta dari Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) boleh mendapat hasil yang terbaik dalam perhelatan pemilu 2009 nanti dan menjadi salah satu orang yang rakyat Indonesia harap-harapkan dalam perubahan tersebut.

    GOD BLESS US…!!!!

    ORA ET LABORA,

    Salam perjuangan dari kami,
    Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia
    Cabang Jakarta Timur.

    (Tulus Muara).

  5. Yohanes Eko P.W, AMK mengatakan:

    Shalom,

    Tetap Semangat ! Saatnya Perubahan dirasakan secara Nyata oleh Masyarakat.

    Inilah, ketika idealisme dihadapkan dengan realita. Di satu sisi kita prihatin dengan sikap para politisi yang lebih senang menjadi idol dalam penampilan ketimbang menyumbangkan pemikiran dan karya nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara. Namun di sisi lain masyarakat juga senangnya hanya menjadi penikmat dan bahkan terjebak mengidolakan sosok2 semu tersebut.
    Memang ada banyak juga orang2 yang melek politik, wawasan, pengetahuan, pemikiran dan analisis2nya yang masuk kategori sebagai sebuah kecerdasan. Namun sekali lagi masih lebih banyak lagi dari masyarakat yang tertinggal atau sengaja ditinggal oleh negara.
    Maka kiranya, usaha pencapaian akses pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia haruslah menjadi cita2 kita bersama. Serta menjadikan hal tersebut sebagai isu bersama pula untuk terus menerus mendesak pemerintah mewujudkannya. Sembari kita berbuat sesuatu yang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat. Entah itu berupa kelompok bermain anak, kelompok belajar, taman bacaan, kelompok diskusi atau menggelar event2 cerdas yang mencerdaskan.
    Saya yakin, dengan semangat & kebersamaan, kita sebagai orang muda mampu mewujudkan hal tersebut. Tentunya karena penyertaan Tuhan begitu indah pula untuk kita nikmati dalam setiap gerak dan langkah.
    Setelah akses pendidikan dapat dinikmati merata dan menghasilkan cara berfikir masyarakat yang tanpa kesenjangan lagi, maka kegelisahan2 diatas (antara idealisme dan realita) akan mengkristal dalam sebuah spirit olah pikir kritis & karya kemandirian yang nyata pula.
    Kiranya impian kita akan kemampuan ekonomi masyarakat agar dapat hidup layak dan sehat boleh terwujud. Meski sekali lagi, negara harus benar2 bertanggung jawab agar hal tersebut dapat dicapai.
    Akhirnya buat kita orang muda, gak da pilihan lain kecuali :

    Tetap Semangat ! Keluar dan Bergeraklah ! Saatnya Perubahan dinyatakan.
    Dan hanya dibawah Satu Bendera, Merah-Putih ! (meski berangkatnya dari bermacam2 warna, namun Satu Tujuan).

    Trims,
    God Bless us, Rakyat Indonesia

    Salam Cinta dari JogjaMuda untuk Indonesia Jaya !

    Yohanes Eko P.W, AMK
    Caleg DPRD Tk. II Kota Yogyakarta
    Partai Peduli Rakyat Nasional ( PPRN )
    Dapil IV Kec. Gondokusuman & Danurejan

  6. Tulus Muara mengatakan:

    Shalom,

    Terima kasih atas kinjungan dan komentar Bapak Muhammad Said..
    salam kenal & salam persahabatan..

    Saya sangat percaya sekali bahwa Bangsa ini tidak akan pernah kekurangan politisi-politisi yang handal & berjuang atas kehendak nurani yang bersih dan tulus dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Indonesia.
    Terbukti dengan komentar Bapak yang menghimbau kami untuk jangan pernah menyerah dalam mengharapkan kehadiran wakil-wakil rakyat yang bersih..
    Semoga Bapak sukses dalam perhelatan pemilu 2009 nanti dan boleh mendapatkan hasil yang maksimal..

    Bravo Bapak Muhammad Said, S.Ag.
    Calon Legislatif DPR RI DAPIL Gresik
    Partai Matahari Bangsa (PMB).

    God Bless…

    (Tulus Muara)

  7. # MUHAMMAD SAID. S.Ag
    # CALEG DPR RI PARTAI MATAHARI BANGSA (PMB) DAPIL GRESIK – LAMONGAN
    # Sebelum semua terjadi, mari kita sama2 introspeksi akan kekurangan dan keterbatasan kita masing2. Jangan pernah merasa paling pinter apalagi merasa paling benar sendiri. Segala sesuatu butuh penyelesaian yang arif dan memberikan solusi jitu dan “kepuasan” bagi semua. kita sama2 introspeksi untuk memperbaiki mental dan pola pikir kita, karena bagaimanapun juga Indonesia butuh pemimpin yang bermental MENGABDI UNTUK RAKYAT, memperjuangkan kepentingan RAKYAT dan benar2 bekerja
    menjalankan amanat RAKYAT, bukan untuk kepentingan sekelompok. Kalau kondisinya seperti ini terus kapan Indonesia akan bisa maju dan disegani oleh Bangsa Lain ???? zaman telah berubah. tantangan dan Issue global harus dapat kita jawab secara ilmiah. Mari kita bangkit !!!!!
    Rakyat butuh pemimpin yang mau peduli jeritan hati rakyat, bukan pemimpin
    yang “pinter” tapi minteri. Percayalah !!! masih ada jalan, jangan pernah menyerah sebelum bertarung dan jangan pernah skeptis banget dengan orang yang masih mau peduli dan punya niatan baik untuk berjuang ditengah2 morat-maritnya mental dan moralitas. Kalau semua ogah dan tidak peduli….justru ini akan menjadi kesempatan empuk bagi mereka yang memanfaatkan kesempatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: