Donald Cargill (Abad ke-17)


Pada abad ke-17 , Raja Charles II menyatakan dirinya sendiri sebagai kepala atas Gereja di Skotlandia. Sekelompok pendeta, yang disebut kelompok Covenanters menyatakan bahwa Kristuslah yang merupakan Kepala Gereja. Sebagai konsekuensinya, banyak dari mereka yang dibunuh.
Salah satu pendeta bernamaDonald Cargill telah melarikan diri sampai bulan November 1662. Setelah pelariannya, ia kembali lagi dan hampir seluruh masa hidupnya dihabiskan dalam pelarian. Cargill dan rekan-rekan lainnya dari Covenanter memberitakan Injil dari kota ke kota.
Pada tanggal 22 November 1680, sebuah imbalan yang sangat besar ditawarkan bagi orang yang dapat menangkap Cargill dalam keadaan hidup maupun mati.

Akhirnya ia diasingkan di Inggris. Namunb setelah tiga bulan masa pembuangan itu berjalan ia memberanikan diri kembali ke Skotlandia untuk menyebarkan Firman Tuhan dalam bulan April 1681. Khotbahnya yang terakhir disampaikan
pada tanggal 10 Juli kepada jemaat di Lanarkshire. Keesokan paginya ia ditangkap dan segera dibawa ke Glasgow. Ia diadili dan dijatuhi hukuman berdasarkan suara satu orang. Disampingnya terdapat anggota Covenanters lainnya yang dianggap bersalah juga dan dihukum mati karena menyatakan bahwa Kristus merupakan Kepala Gereja yang benar.

Donald Cargill dan rekan-rekan martirnya dieksekusi pada tanggal 27 Juli 1681. Saat menaiki panggung hukuman mati, ia berkata, “Tuhan tahu bahwa aku melangkah di anak tangga ini dengan sedikit rasa takut dan rasa gelisah dalam pikiran dibandingkan saat saya naik ke atas mimbar untuk berkhotbah.”

Petugas eksekusi dengan rasa gelisah menebaskan kapak pada lehernya sampai kepala Cargill dengan rambutnya yang keabu-abuan terpisah dari tubuhnya. Dalam sekejap mata, Cargill telah berdiri dihadapan Sang Juru Selamat yang dinyatakan dengan penuh keberanian dibumi. Ia membetulkan kepalanya di depan pintu gerbang masuk dalam kota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: