Karikatur & Gambar Nabi Muhammad


Penodaan, pelecehan dan penghinaan terhadap kerukunan umat beragama kembali terjadi, munculnya gambar-gambar karikatur Nabi Muhammad dalam sebuah situs http://lapotuak.wordpress.com membuat geram umat Islam khususnya yang berada di Indonesia. Pihak pemerintah melalui DEPKOMINFO berusaha keras meminta pihak wordpress.com untuk memblokir situs tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan. Banyak bermunculan situs-situs sejenis merupakan suatu akibat kesalahpahaman dalam mengartikan kebebasan mengeluarkan pendapat, sehingga tidak lagi mengindahkan hal-hal etika dalam penulisan dan lebih cenderung memprokasi masyarakat untuk melakukan tindakan balasan dan bahkan berujung pada tindakan anarkis. Masyarakat juga dihimbau untuk lebih hati-hati dalam menyikapi kasus tersebut karena dikhawatirkan adanya pihak-pihak tertentu yang dengan sengaja menebarkan isu untuk mengadu domba antar pemeluk umat beragama di Indonesia. Dari alamat situs yang diketahui memang menjurus pada suatu kelompok etnis/suku tertentu.

Suatu yang sangat tabu dan haram bagi umat muslim untuk menampilkan sosok seorang Nabi baik dalam bentuk gambar, film maupun menampilkan sosok figur orang tertentu dengan seorang Nabi. Gambar-gambar tersebut bukan hanya menampilkan gambar Nabi Muhammad saja tapi juga menampilkan suatu adegan yang tidak pantas untuk dilihat mata juga tidak layak untuk diungkapkan dengan kata-kata.

Ada baiknya kita semua untuk saling mengerti dan memahami keyakinan dan privasi orang lain untuk memeluk suatu ajaran agama karena itu adalah hal yang sangat asasi. Mengapa sering kali kita terlalu mudah untuk mengeluarkan kata-kata bahkan sikap yang kurang bersahabat bagi pemeluk agama lain, sementara kita sendiri belum tentu mencerminkan sebagai contoh teladan bagi orang lain.

PERNYATAAN SIKAP

GERAKAN ANGKATAN MUDA KRISTEN INDONESIA

Jakarta Timur

  1. Mengecam keras pemuatan gambar karikatur Nabi Muhammad dalam situs http:lapotuak.wordpress.com maupun dalam situs-situs lain sejenis.
  2. Meminta kepada pemerintah dalam hal ini Kepolisian Republik Indinesia untuk memproses secara hukum pelaku dan pemilik situs http://lapotuak.wordpress.com karena dengan sengaja telah menebarkan kebencian dan memprovokasi kerukunan umat beragama di Indonesia.
  3. Meminta kepada DEPKOMINFO untuk menutup/memblokir situs-situs sejenis yang menghina umat agama tertentu, karena akan berdampak negatif terhadap kelangsungan kerukunan umat beragama di Indonesia.
  4. Meminta kepada seluruh lapisan masyarakat umum dalam hal ini para Tokoh, Pemuka Agama, dan seluruh umat beragama di Indonesia untuk bersikap arif dan bijaksana dalam menyikapi kasus tersebut untuk tidak mudah terprovokasi dalam mengambil tidakan yang justru akan memperkeruh permasalahan.

Semoga peristiwa ini boleh menjadi pengalaman yang berharga bagi kita semua umat beragama yang hidup dalam satu atap Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk saling menjaga dan menghormati kebebasan beragama.

Dewan Pimpinan Cabang

Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia

Jakarta Timur.

About these ads

9 Balasan ke Karikatur & Gambar Nabi Muhammad

  1. Tulus Muara mengatakan:

    ==> Momos Parapat.
    Kami sangat setuju dengan Saudara Momos Parapat, bahwa kebebasan dalam berekspresi baik dalam bentuk tulisan atau apa pun tetap harus memjaga sikap toleransi & memelihara kerukunan dengan pihak-pihak lain.
    sehingga tidak menimbulkan perpecahan dan kecurigaan antara satu dengan yang lainnya.

    ==> Muhammad Irfan Fauzi.
    Maaf komentar anda tidak dapat kami moderasi karena menyinggung sosok pribadi orang lain, umat, kelompok tertentu. Dan kalimat-kalimat kotor & menghina tidak akan kami moderasi.

    Salam Perjuangan..!!!!

    ORA ET LABORA..

  2. Momos Parapat mengatakan:

    Satu hal yang tidak bisa saya terima, mengapa pengelola situs tersebut menggunakan bahasa batak, “lapotuak”. Ini jelas-jelas ingin menyudutkan orang batak yang nota bene mayoritas beragama kristen. Padahal kita tau bahwa orang batak sangat menghargai dan sangat memelihara toleransi umat beragama yang ada di republik ini. Sebagai contoh kita bisa melihat bagaimana kerukunan umat beragama di tapanuli utara, yang minoritas muslim, masyarakat disana sangat memelihara kerukunan beragama agar satu dengan yang lain tidak tersinggung. Ini bisa di contoh di seluruh republik ini.
    Saran saya bila ingin berkarya lewat tulisan, janganlah membuat tulisan yang berbau SARA.

    Terimakasih untuk situs GAMKI, sukses selalu…….

  3. bonar mengatakan:

    shaloom..

    keep strugling…

    GBU all

    bonar

  4. arifrahmanlubis mengatakan:

    Salam

    Mengundang teman2 semua untuk berdiskusi ke blog saya ….
    menyumbang saran, kritik, ide, dukungan, diskusi..

    dan tentu saja sama2 berjuang merealisasikan agenda tindak nyata MEMERANGI blog dan orang2 penista Nabi Muhammad SAW

  5. suparno mengatakan:

    saya sangat bangga terhadap bangsa indonesia yang memiliki aneka ragam agama, suku, dan budaya dan yang pasti mereka semua saling menghormati terhadap perbedaan itu. terimakasih kepada GAMKI.

  6. dirman mengatakan:

    Kiranya Tuhan Memberkati dan menyadarkan ornag yang mengadu domba!! Sehingga Keutuhan beragama di Indonesia semakin solid dan rukun.

  7. sanjisan mengatakan:

    Artikel yang bagus :)

  8. Tulus Muara mengatakan:

    Shalom,

    Terima kasih untuk Syahrizal Pulungan telah mengunjungi weblog GAMKI
    atas perhatian dan partisipasinya. Tidak lupa juga kami ucapkan banyak terima kasih atas pengertiannya. Semoga kerukunan umat beragama di Indonesia bisa semakin solid dan tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal semacam ini.

    ORA ET LABORA.
    (Tulus Muara).

  9. syahrizal pulungan mengatakan:

    Atas nama ummat Islam khususnya Asahannews mengucapkan terimakasih atas pernyataan sikap yang disampaikan semoga kerukunan terjalin dengan baik
    trimakasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: